Sunday, April 15, 2012

Tips Ampuh Menghadapi UN ^^

         
          Hai, guys! Besok hari Senin dan lupakan sejenak tentang pepatah ‘I Hate Monday’ yang berefek buruk pada jutaan umat di dunia. Post ini spesial buat teman-teman yang besok akan menghadapi UN atau UNAS alias Ujian Nasional. Gimana? Pasti nervous, ya?
              “Ya ampun...gue takut banget nge-blank pas ujian!”
            “Ya Tuhan...bantulah hamba dalam mengerjakan ujian besok! Semoga hamba lulus dengan nilai memuaskan, amin!”
            “Gimana, nih, gue masih belum ngerti materinya! Gue belum siap ujian, nih!”
        Bener begitu, kan? Orang-orang di sekeliling kalian pasti sibuk dengan teriakan-teriakan panik ini, update status, atau sekadar cicitcuit di twitter. Beruntung, pelajaran pertama yang di UN-kan adalah Bahasa Indonesia, seenggaknya kalian masih bisa pake logika! Habis itu Matematika (oh no, gue phobia angka!), bahasa Inggris (jangan pernah ngafalin isi kamus!) dan tiga pelajaran pembidangan lainnya yaitu Biologi, Kimia, Fisika untuk IPA dan Sosiologi, Geografi, Ekonomi II untuk IPS.
            Gimana, gimana, adrenalin kalian mulai kepacu saat baca nama-nama keramat ini, ya? Jangan!  Take it easy, guys! J
            Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kalian baca untuk  menghadapi ujian besok:
U  Bersihkan Hati Terlebih Dulu
          Jangan pernah mikirin gimana caranya untuk nyontek! Jangan sekali-kali mengharapkan bantuan dari orang lain! You must believe guys, mengharapkan orang lain hanya akan membuang-buang waktu! Mending baca soal dan syukur-syukur nemu jawabannya. Allah pasti membantu umatnya yang bersungguh-sungguh! Believe it!


U Mintalah Restu Pada Kedua Orangtua
            Percaya, deh, ini adalah tips paling manjur selain ujian dalam kondisi otak yang penuh dengan materi pelajaran. Percuma kalau ngapalin seabad, tapi sebelum berangkat ujian malah nggak negur orangtua atau bahkan paling parah malah berantem dulu.  Kalian harus minta maaf dan minta restu sebelum ujian.
            Ya, ini memang hal paling sederhana yang sering terlupakan. Restu orangtua akan membukakan jalan bagi kita untuk tenang dalam ujian dan juga akan membukakan pikiran agar berpikir lebih jernih dan nggak gegabah.
            So, bagi kamu-kamu yang belum minta doa restu, mending cari ortunya dulu, deh. Nggak ada kata terlambat untuk minta maaf. J


U Usahakan Untuk Tidak Membaca Materi Lagi Sehari Sebelum Ujian
        Kebayang nggak, gimana stresnya kalo mesti belajar lagi semalam sebelum UN dan baca buku pelajaran dari kelas X sampai XII dalam satu malam? Don’t do this! ini hanya akan membuat kalian makin stres. Percaya aja sama kemampuan kalian. Toh, sebelum-sebelum ini udah sering ikutan TO dan bahas-bahas soal, kan? Soal UN nggak akan beda jauh dari soal yang kalian kerjain itu. Jadi, hindarkan buku atau soal untuk malam ini, semua hanya akan membuat otak tegang dan pikiran kacau!

U Jangan Berpikir Untuk Memimpikan UN Malam Ini
        Jangan pikirkan untuk UN malam ini. Kalau kalian sibuk mikirin pengawas atau soal ujian sebelum tidur, dijamin nggak akan tidur nyenyak! Kalo nggak cukup tidur, otomatis kondisi tubuh jadi nggak fit! Ini akan berdampak pada kinerja otak dan konsentrasi dalam memahami otak. Jadi, lebih baik tenangkan diri dan jauhkan pikiran tentang ujian saat malam menjelang. Anggap aja ini ujian harian yang sering kalian lakukan di sekolah. Bedanya, yang ini lebih tertib. Itu saja!

U Cobalah untuk Merilekskan Otak
        Dengarlah musik-musik instrumental yang menenangkan dan dapat meningkatkan kinerja otak. Tontonlah tayangan yang membuat kalian senang dan tertawa. Atau mungkin, rumah kalian dekat dengan taman aneka bunga, padang rumput penuh ilalang, danau buatan yang menenangkan, mungkin kalian bisa santai sejenak di sana. Ambilah energi positif dari alam dan tinggalkan energi negatif di sana.

U Jauhkan Diri dari Pikiran-pikiran Buruk
        Sama aja kayak tips-tips di atas, memikirkan sesuatu yang belum pasti kejelasannya hanya membuat otak stres! Berhenti mikirin pengawas, nggak ada pengawas yang galak, kok. Yang ada juga pengawas yang disiplin! Nggak ada soal yang susah. Yang ada juga jawaban yang sulit. He.he.he. Just kidding!

U  Berdoalah Sebelum Ujian
        Ya, selain minta restu orangtua kita juga harus minta restu pada Sang Pencipta, Tuhan Yang Satu. Jangan abaikan poin penting seperti ini. Jangan takabur dan tetap tawakal kepadaNya, ya!

U Hindari Kecerobohan Saat Ujian
        Please, jangan biarkan kesalahan teknis mengurangi poin kalian. Perhatikan keselamatan kertas ABO agar nanti lolos scanning dalam pemeriksaan. Untuk itu, hati-hati dalam membulatkan dan harus sesuai ketentuan. Oke? Jangan grogi!

U Jangan Membahas Soal Setelah Ujian
        Ya, ya, ya, pasti penasaran banget pengen tau jawabannya, kan?  Syukur-syukur kalau jawabannya bener semua. Tapi gimana kalo ternyata jawaban kalian banyak yang nggak cocok sama teman? Itu hanya akan menambah beban pikiran dan pastinya bisa menganggu pelaksaan ujian di hari berikutnya. Jadi, serahkan semuanya kepada Tuhan. Tugas kalian hanya konsentrasi pada ujian selanjutnya. Oke?


            Ya, mungkin beberapa tips di atas bisa kalian praktekan mulai detik ini. Satu hal, jangan tegang, grogi, atau gugup saat ujian berlangsung. Kalian hanya mesti percaya pada kemampuan diri sendiri dan stop, mengharapkan bantuan orang lain. Kalau emang nggak tau mau jawab apa lagi, cobalah untuk bertanya pada Tuhan dengan berdoa. Siapa tau, kalian dikirimkan keajaiban tentang ingatan materi soal yang terlupakan.
            Nggak ada yang mustahil di dunia ini! Oke, sukses buat kalian semua, ya! Moga berjalan sesuai harapan, amin!!! See yaa....
***
picture: www.google.com

No comments: